SEKILAS INFO
: - Jumat, 27-05-2022
  • 1 tahun yang lalu / VISI SMA NEGERI 1 BATU “Terwujudnya Sekolah Unggul Berlandaskan Iman dan Takwa Serta Berbudaya Lingkungan”

BISBUL

(Diospyros blancoi)

Gambar: Pohon Bisbul di SMAN 1 Batu

Bisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tumbuhan penghasilnya. Tumbuhan ini berkerabat dengan kesemek dan kayu hitam.

Nama ilmiahnya adalah Diospyros blancoi A. DC., tetapi sering disebut dengan nama yang tidak sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adalah buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ketika masak), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pada kulit buahnya yang berbulu halus), marit (Bahasa Thai), dan velvet apple (Inggris).

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan       :         Plantae

Divisi            :         Magnoliophyta

Kelas            :         Magnoliopsida

Ordo             :         Ericales

Famili           :         Ebenaceae

Genus          :         Diospyros

Spesies        :         D. blancoi

Nama binomial

Diospyros blancoi

A.DC.

 

Pemerian

Bisbul merupakan pohon yang sedang tingginya, 10-30 m, meskipun umumnya hanya sekitar 15 m atau kurang. Berbatang lurus, dengan pepagan berwarna hitam atau kehitaman, diameter hingga 50 cm atau lebih di pangkal batang, bercabang kurang lebih mendatar dan bertingkat, dengan tajuk keseluruhan berbentuk kerucut yang lebat dan rapat daun-daunnya sehingga gelap di bagian dalamnya.

Daun-daun tersusun berseling, berbentuk lonjong, 2,5-12 × 8-30 cm, bertepi rata, dengan pangkal membundar dan ujung meruncing, bertangkai sekitar 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, seperti kulit; sisi bawah berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda sampai merah jambu.

Berumah dua, bunga-bunga jantan tersusun dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan terletak di ketiak daun.

Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 cm, berbulu halus seperti beludru, coklat kemerahan kemudian merah terang dan lalu agak kusam apabila masak, dengan “topi” dari kelopak bunga yang tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju dan durian, bagi sebagian orang terasa memualkan, bahkan ada pula yang menyebutkan baunya mirip dengan kotoran kucing. Biji hingga 10 butir, berkulit kecoklatan, berbentuk baji agak mirip keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 cm (di bagian tebalnya).

Hasil dan kegunaan

Bisbul tumbuh dengan baik di daerah tropika beriklim muson, pada berbagai jenis tanah sampai dengan ketinggian 800 m dpl. Di Filipina, bisbul berbuah antara Juni-September; namun di Bogor buah telah dapat dipetik antara Maret-Mei.

Pohon ini terutama ditanam untuk buahnya, yang dapat dimakan segar atau sebagai campuran minuman dan rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hingga hitam, bertekstur halus, kuat dan keras; di Filipina (dinamai kamagong) merupakan bahan kerajinan yang berharga dan dilindungi oleh undang-undang.

Karena tajuknya yang bagus, pohon bisbul juga kerap ditanam di taman-taman dan tepi jalan.

 

Asal usul dan kerabat

Tanaman ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yang banyak dari anggotanya memiliki kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tidak jarang, kelompok ini dikenal sebagai kayu arang atau arang-arang.

Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia ditemukan hidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder dan juga dibudidayakan di pekarangan. Kini bisbul telah menyebar di pelbagai negeri tropis, termasuk Indonesia

Kandungan buah bisbul

Dalam 100 gram, inilah kandungan bisbul yang bisa Anda dapatkan:

Kalori            : 504 kkal

Protein          : 0,82-2,79 gram

Lemak          : 0,22-0,38 gram

Karbohidrat   : 5,49-6,12 gram

Gula             : 6,25-18,52 gram

Serat            : 0,74-1,76 gram

Asam malat  : 0,16 gram

Asam sulfat   : 0,11 gram

Kalsium        : 42,8 mg

Vitamin C      : 2,2 mg

Selain itu, menurut riset terbitan Edible Medicinal And Non-Medicinal Plants, buah bisbul juga mengandung vitamin A, vitamin B, zat besi, dan senyawa tanaman tannin.

Manfaat buah bisbul untuk kesehatan

Buah bisbul dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi darah, menangani masalah pencernaan, mengobati iritasi kulit, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, mari kenali manfaat buah bisbul beserta penjelasan ilmiahnya di bawah ini.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah bisbul mengandung kadar kalium yang tinggi. Itulah sebabnya, manfaat buah bisbul untuk kesehatan berfungsi sebagai vasodilator, yang bisa melebarkan pembuluh darah, meredakan stres pada sistem kardiovaskular, dan tentunya menurunkan tekanan darah tinggi. Ditambah lagi, buah bisbul juga mengandung serat. Perlu diketahui, mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat bisa mencegah pembekuan darah, stroke, hingga serangan jantung.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Tidak hanya kalium dan serat, buah bisbul juga mengandung zat besi, lho. Zat besi adalah mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Terjaganya produksi sel darah merah di dalam tubuh bisa membawa dampak baik pada kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme, mempercepat proses penyembuhan, merangsang pertumbuhan rambut, hingga meningkatkan oksigenasi jaringan tubuh dan otot.

  1. Menangani masalah pernapasan

Manfaat buah bisbul dipercaya mampu menangani asma.Manfaat buah bisbul dipercaya mampu menangani asma. Dalam dunia medis, buah bisbul seringkali digunakan untuk menangani masalah pernapasan, seperti batuk hingga asma. Sebab, buah bisbul mengandung banyak vitamin dan zat mineral yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh

Tingginya kadar vitamin C dan vitamin A di dalam buah bisbul manfaatnya membantu meningkatkan sistem imun tubuh dalam memerangi infeksi. Vitamin A dan C dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas tentunya sangat berbahaya pada tubuh, karena bisa membunuh sel sehat. Selain itu, vitamin C juga sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan seluruh jaringan tubuh. Vitamin C juga berperan penting pada berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, meningkatkan sistem imun tubuh, penyembuhan luka, hingga menjaga kesehatan tulang.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Buah bisbul kaya akan serat untuk atasi sembelit Buah bisbul kaya akan serat untuk atasi sembelit Serat yang dikandung buah bisbul dapat melancarkan “perjalanan” makanan menuju saluran pencernaan, sehingga menghilangkan gejala seperti sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Di Filipina, buah bisbul dipercaya sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit disentri dan diare. Selain itu, serat yang dimiliki buah bisbul juga bisa menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah, membantu mendapatkan berat badan ideal, sampai memperpanjang usia.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Jangan salah, ternyata manfaat buah bisbul juga bisa dirasakan dengan cara mengoleskan dagingnya ke kulit. Sebab, beberapa studi juga membuktikan bahwa mengoleskan daging buah bisbul ke kulit bisa meredakan peradangan dan iritasi. Selain itu, kandungan bisbul yang kaya vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Jadi, manfaat buah bisbul untuk menjaga kesehatan kulit lainnya adalah menunda penuaan dini. Lebih dari itu, bahkan ada klaim yang menyatakan bahwa buah bisbul dapat mengobati gigitan ular dan racun lainnya pada tubuh. Namun, masih diperlukan penelitian untuk membuktikannya.

  1. Menjaga berat badan dan memberikan asupan energi

Buah bisbul bisa menjadi salah satu jenis makanan sehat yang bisa Anda tambahkan untuk menurunkan berat badan. Sebab, buah mentega ini kaya akan serat. Jadi, manfaat buah bisbul yang didapat dari serat ini membantu menjaga perut agar kenyang lebih lama. Jadi, Anda tidak ingin mengonsumsi makanan lainnya. Selain itu, kandungan asam malat pada buah mentega terbukti membantu memberikan energi untuk tubuh dengan cepat.

Cara mengonsumsi buah bisbul

Untuk mendapatkan manfaat buah bisbul yang optimal, Anda harus mengetahui cara konsumsinya. Layaknya buah apel, buah bisbul dapat dimakan mentah, selama sudah dibersihkan dari kotoran yang mungkin menempel di kulitnya.

Walaupun mungkin aromanya tidak sewangi apel, tapi banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi buah bisbul karena beragam kandungan nutrisinya. Selain itu, buah bisbul juga bisa dikombinasikan dengan buah-buahan lain dalam salad buah atau makanan lainnya. Sebab, rasanya yang manis sangat bersahabat di lidah.

Catatan dari SehatQ

Walaupun buah bisbul memiliki banyak manfaat kesehatan, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya sebagai pengobatan utama dari berbagai macam penyakit.

Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal, bantuan dokter dan obat-obatan medis tetap diperlukan.

Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Bisbul

https://www.sehatq.com/artikel/buah-bisbul-dan-beragam-manfaatnya-untuk-kesehatan

TINGGALKAN KOMENTAR