SEKILAS INFO
: - Selasa, 28-09-2021
  • 5 bulan yang lalu / Hasil seleksi tahap 1 dapat dilihat pada hari Jumat, 7 Mei 2021 pkl 08.00 wib. Silahkan pilih kab/kota sekolah tujuan kemudian login dengan menggunakan nisn dan pin pada menu
  • 5 bulan yang lalu / VISI SMA NEGERI 1 BATU “Terwujudnya Sekolah Unggul Berlandaskan Iman dan Takwa Serta Berbudaya Lingkungan”

Kota Batu sampai dengan tahun 1976 belum memiliki sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) Negeri sedangkan jumlah tamatan SMP cukup besar. Lulusan SMP tersebut pada umumnya melanjutkan pendidikannya ke kota Malang.

Pada bulan Februari 1977 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Syarif Tayib berkunjung ke Kota Batu untuk meresmikan program kelompok belajar di Desa Junrejo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Pada kesempatan kunjungan kerja Menteri tersebut dimanfaatkan oleh pejabat Kota Batu yang dipimpin oleh Pembantu Bupati Malang di Batu, Bapak Singgih, untuk menyampaikan keinginan masyarakat Kota Batu tentang perlunya didirikan Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas (SMA) dalam rangka menampung tamatan SMP yang makin besar jumlahnya serta meningkatkan sumber daya manusia masyarakat Kota Batu.

Akhirnya melalui anggaran Departemen Pendidikan dan Kebudayaan  tahun 1977 – 1978 direalisasikan berdirinya SMA Negeri 1 Batu yang pembangunan gedungnya yang berlokasi di Jalan KH Agus Salim Kelurahan Sisir Kecamatan Batu.

Tahun ajaran baru di mulai tahun 1978 yang ditandai dengan dibukanya pendaftaran siswa baru bertempat di SMP Negeri 1 Batu dan SMA Negeri 4 Malang untuk enam kelas rombongan belajar dengan jumlah 182 siswa. Pada awal berdirinya SMA Negeri 1 Batu dibantu oleh SMA Negeri 4 Malang. Segala aktivitas sekolah terutama dalam penanganan proses pembelajaran dan kebutuhan tenaga edukatif serta penggunaan sarana yang belum terpenuhi dibantu oleh SMA Negeri 4 Malang yang saat itu dipimpin oleh Drs. Suyitno sebagai Kepala Sekolah.

Pada tanggal 14 Januari 1978 pukul 08.30 WIB, bertempat di halaman gedung SMP perbantuan, diadakan upacara pembukaan SMA Negeri 1 Batu yang dihadiri oleh siswa baru, tenaga edukatif, Muspika Batu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang serta pengurus BP-3 yang diketuai oleh Bapak Bejo. Sambil menunggu penyelesaian pembangunan gedung, proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan gedung SMP perbantuan yang terletak di JL. Darsono Batu, hingga akhir bulan Oktober 1978.

Pada tanggal 30 November 1978 dimulailah penggunaan gedung permanen SMA Negeri 01 Batu yang terletak di Jl. KH. Agus Salim no 57 Batu. Untuk proses pembelajaran dan aktivitas sekolah lainnya hingga saat ini terus dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batu dan perubahan terus-menerus dilakukan yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan.